Penyakit Gondongan (Mumps atau Parotitis)

Penyakit Gondongan (Mumps atau Parotitis) adalah suatu penyakit menular dimana sesorang terinfeksi oleh virus (Paramyxovirus) yang menyerang kelenjar ludah (kelenjar parotis) di antara telinga dan rahang sehingga menyebabkan pembengkakan pada leher bagian atas atau pipi bagian bawah.Penyakit gondongan tersebar di seluruh dunia dan dapat timbul secara endemic atau epidemik, Gangguan ini cenderung menyerang anak-anak yang berumur 2-12 tahun *aku umur 17 tahun kok bisa mau kena yaa* .Pada orang dewasa, infeksi ini bisa menyerang testis (buah zakar), sistem saraf pusat, pankreas, prostat, payudara dan organ lainnya.Adapun mereka yang beresiko besar untuk menderita atau tertular penyakit ini adalah mereka yang menggunakan atau mengkonsumsi obat-obatan tertentu untuk menekan hormon kelenjar tiroid dan mereka yang kekurangan zat Iodium dalam tubuh. *aku gag maem obat-obatan tertentu loo . udah gitu aku juga sering maem garem ato makanan yang asin-asin kok .*


Penularan Penyakit GondonganPenyakit Gondong (Mumps atau Parotitis) penyebaran virus dapat ditularkan melalui kontak langsung, percikan ludah, bahan muntah, mungkin dengan urin. Virus dapat ditemukan dalam urin dari hari pertama sampai hari keempat belas setelah terjadi pembesaran kelenjar.Penyakit gondongan sangat jarang ditemukan pada anak yang berumur kurang dari 2 tahun, hal tersebut karena umumnya mereka masih memiliki atau dilindungi oleh anti bodi yang baik. Seseorang yang pernah menderita penyakit gondongan, maka dia akan memiliki kekebalan seumur hidupnya.




itulah yang menyebabkan aku kudu bedrest selama 6 hari . aku belom kena gondong . aku masih gejala gondong . dan semoga leher ini gag membesar . tapi mungkin di hari ketiga *besok* aku udah masuk . gila aja kalo sampe aku ketinggalan pelajaran . secara aku anak ipa dan udah kelas 3 mau ujiaaaaan .

huh . tidak bisa bersenang-senang lagi ini . menyebalkan . mana di hari pertama mau masuk aku ujian sejarah . sebenernya males masuk abis . tapi mau gimana lagi . huhu .


wish me better .
,vania

2 comments:

ella is here! said...

cepett sembuhh yahh vaniaa =)) GBU

vania aprilia said...

engga tumbuh sih gondongnya . cuma gejala aja . tapi ya gitu , panas badannya . huuuhuhu . ndak fit tubuhku .

ella is here! said...

cepett sembuhh yahh vaniaa =)) GBU

vania aprilia said...

engga tumbuh sih gondongnya . cuma gejala aja . tapi ya gitu , panas badannya . huuuhuhu . ndak fit tubuhku .